semuacerdas

Be Smart

Ciri Khusus pada Hewan

pada Juli 22, 2012

Bab 1              Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

 

Setiap kelebihan yang dimiliki makhluk hidup digunakan oleh makhluk hidup agar dapat tetap  idup di bumi ini. Hewan dan tumbuhan juga memilikinya. Keistimewaan makhluk hidup tersebut kita kenal dengan ciri khusus.

  1. A.   Ciri Khusus pada Hewan
  1. 1.    Kelelawar

Kita jarang melihat kelelawar terbang pada siang hari, karena hewan ini hidup pada malam hari. Kelewar termasuk hewan mamalia, yaitu hewan yang menyusui anaknya dan berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan ini sangat unik, karena kemampuannya dalam terbang dan mencari makan pada malam hari. Ciri khusus apa yang dimiliki kelelawar?

Kelelawar banyak dijumpai di gua yang sangat gelap. Untuk dapat terbang dengan arah yang benar, kelelawar menggunakan sistem sonar. Kelelawar mengeluarkan bunyi dengan frekuensi yang tinggi (bunyi ultrasonik) sebanyak mungkin. Kemudian, ia mendengarkan bunyi pantul tersebut dengan indra pendengarannya. Dengan cara itu, kelelawar dapat mengetahui letak suatu benda dengan tepat, sehingga kelelawar mampu terbang dalam keadaan gelap tanpa menabrak benda-benda di sekitarnya.

Kemampuan kelelawar mengetahui lingkungan sekitarnya dengan menggunakan sistem sonar dikenal dengan istilah ekolokasi. Ciri khusus lain dari kelelawar adalah kemampuan  terbangnya. Hewan mamalia ini dapat terbang karena memiliki selaput kulit yang tipis terdapat di antara tulang lengannya. Ciri lain yang dimiliki hewan ini, yaitu posisi tidur pada siang hari dengan cara menggantung dan posisi badan yang terbalik.

  1. 2.    Cicak

 

Cicak termasuk hewan melata. Cicak dapat merayap di dinding tanpa terpeleset. Hal ini karena cicak memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. Dengan alur yang dimiliki, memungkinkan cicak dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset.

Ciri lain dari cicak adalah kemampuan memutuskan ekornya. Hal ini dilakukan cicak untuk melindungi diri dari musuhnya. Cicak akan memutuskan ekor, kemudian ekor tersebut akan bergerak-gerak untuk mengalihkan perhatian musuh. Sementara itu, cicak dengan ekor yang putus akan leluasa untuk meloloskan diri. Untuk memperoleh makanan, cicak mempunyai ciri khusus berupa lidah yang panjang dan lengket. Bentuk lidah ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang.

  1. 3.    Bebek

Ciri khusus yang menarik pada hewan berikutnya adalah bebek. Hewan ini memiliki berbagai ciri khusus yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya. Bebek hidup di darat, namun untuk mencari makan, bebek biasanya berada di air. Adapun ciri khusus yang dimiliki bebek untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya.

Bebek mencari makan di air, baik kolam atau danau yang dangkal. Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulu bebek dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat bebek sampai di darat ia hanya tinggal mengibas-ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulu tubuh bebek.

Selain lapisan minyak pada tubuh bebek, hewan ini mempunyai ciri khusus berupa kaki yang berselaput di antara jari kakinya. Jika kita perhatikan, bebek dapat berenang di air karena kakinya memiliki semacam selaput renang.

  1. 4.    Unta

Unta merupakan salah satu “makhluk hidup istimewa”. Hal ini disebabkan struktur tubuhnya yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling panas sekalipun. Dapatkah kalian bayangkan kondisi  ingkungan di gurun pasir yang sangat panas?

Tubuh unta memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan bagi unta bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan. Selain itu, unta mampu mengangkut beban ratusan kilogram selama berhari-hari. Bulu mata unta memiliki sistem pengaitan. Dalam keadaan bahaya, bulu ini secara otomatis menutup.Bulu mata yang saling berkait ini mencegah masuknya debu ke mata. Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari debu dan pasir.

Unta memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung. Punuk unta menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalami kesulitan makanan dan kelaparan. Dengan demikian, unta dapat hidup hingga tiga minggu tanpa air.

Kaki unta memiliki ukuran besar. Bentuk kaki seperti ini secara khusus “diciptakan” untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Kaki unta memiliki telapak yang luas dan  menggembung. Selain itu, kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas. Unta diciptakan dengan ciri-ciri khusus fisik yang luar biasa untuk membantu umat manusia. Umat manusia sendiri diwajibkan untuk bersyukur atas penciptaan di seluruh jagat raya ini.

RANGKUMAN

  1. Makhluk hidup memiliki ciri khusus untuk dapat melangsungkan hidupnya. 2. Kelelawar memiliki sistem sonar yang dapat menentukan arah gerak dan letak benda walaupun kondisi lingkungan yang gelap.
  1. Cicak memiliki kemampuan memutuskan ekor, dapat merayap di dinding dengan kaki yang beralur sejajar, serta lidah yang panjang untuk menangkap mangsanya.
  1. Bebek dapat berenang di air karena ciri khusus pada kakinya yang berselaput.
  1. Unta dapat hidup di lingkungan yang panas karena ciri khusus yang dimilikinya mulai dari punuk untuk menyimpan sari makanan, bulu mata yang panjang untuk menghalangi debu, kaki dan telapak kaki yang tebal supaya tidak terperosok di pasir serta berjalan di pasir yang sangat panas.

GLOSARIUM

Bunyi ultrasonic : bunyi dengan frekuensi yang tinggi diatas 20.000 Herzt.

Ekolokasi             : kemampuan kelelawar menentukan letak benda dengan bunyi pantul yang dikelurkannya sendiri.

Mamalia                                : hewan yang menyusui anaknya pada hewan betina.

Punuk                     : gundukan lemak yang terdapat di punggung.

EVALUASI

  1. A.   Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

 

1. Makhluk hidup yang memiliki kaki yang beralur pararel dan lengket untuk

merayap di dinding adalah ….

a. bunglon

b. cicak

c. kadal

d. iguana

2. Punuk unta berfungsi untuk ….

a. cadangan air dan makanan

b. melindungi dari panas matahari

c. melindungi dari debu

d. supaya dapat berjalan di gurun pasir

3. Kemampuan mahluk hidup untuk menentukan keadaan di sekitarnya dengan

menggunakan bunyi pantul disebut ….

a. adaptasi

b. ekolokasi

c. mimikri

d. iritabilita

4. Kelelawar mempunyai kemampuan dalam sistem sonar dengan

memanfaatkan bunyi ….

a. supersonik

b. audiosonik

c. infrasonik

d. ultrasonic

5. Untuk menangkap mangsanya cicak memiliki ciri khusus, yaitu ….

a. kaki beralur dan lengket

b. mengubah warna kulit

c. lidah panjang dan lengket

d. memutuskan ekornya

6. Berikut ciri khusus yang dimiliki bebek, kecuali ….

a. memiliki lapisan minyak pada bulunya

b. memiliki selaput di antara jari kakinya

c. memiliki paruh yang pendek dan agak lebar

d. berkembang biak dengan cara bertelur

  1. B.   Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban yang benar!

 

1. Unta menyimpan cadangan makanan pada bagian …

3. Kelelawar dapat mengeluarkan bunyi dengan frekuensi … getaran per detik.

5. Cicak dapat berjalan di dinding yang tegak lurus karena mempunyai ….

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!

 

1. Jelaskan tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!

3. Sebutkan ciri-ciri khusus pada unta!

4. Mengapa kelelawar dapat terbang pada malam hari? Jelaskan!

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: