semuacerdas

Be Smart

Cara Membuat Anak Cerdas Sesuai Dengan Potensi Kecerdasannya

pada Juni 18, 2012

Setiap orangtua memiliki keinginan untuk memiliki anak-anak yang cerdas. Berbagai cara ditempuh untuk menjadikan anak-anak cerdas sejak anak berada dalam kandungan dengan memberi nutrisi gizi yang cukup, dengan membaca Al Qur’an dan beragam cara lagi yang telah ditempuh oleh orang tua hingga anak lahir dan menginjak dewasa bahkan, orangtua berlomba-lomba memasukkan anak-anaknya ke tempat kursus.

Upaya menjadikan anak cerdas ini akan lebih terarah jika orangtua memahami potensi dan jenis kecerdasan anak yang sebenarya. Dengan demikian cara mendidik anak agar menjadi cerdas akan lebih optimal.

Multiple Intelligence

Pendapat dari orang awam bahwa anak disebut cerdas adalah jika anak tersebut memiliki IQ tinggi serta terampil dalam pelajaran Matematikanya. Kriteria tersebut dimiliki oleh orang-orang seperti Stephen Hawking, Albert Einstein dan BJ Habibie. Mereka disebut jenius, Namun sesungguhnya, seseorang disebut cerdas tidak selalu karena kepintarannya dibidang matematika.

Seorang profesor pendidikan dari Universitas Harvard yaitu Howard Gardner berkata bahwa, kecerdasan adalah kemampuan seseorang dalam berfikir, bertindak, dan berperilaku sesuai dengan apa yang dihadapi. Dalam teori Multiple Intelligence yang beliau paparkan, disebutkan bahwa setidaknya ada 8 jenis kecerdasan, yaitu:

  • Kecerdasan logis/matematis
  • Kecerdasan linguistik/bahasa
  • Kecerdasan kinestetik/jasamani
  • Kecerdasan spasial
  • Kecerdasan musikal
  • Kecerdasan naturalis
  • Kecerdasan interpersonal
  • Kecerdasan intrapersonal

Jenis Kecerdasan dan potensi anak yang berbeda-beda tersebut menyebabkan cara mendidik anak cerdas-pun berbeda. Sebaiknya stimulasi tidak hanya dilakukan  pada satu aspek kecerdasan saja jika untuk anak usia dini.

Sehingga, meskipun anak terlihat memiliki kecerdasan logis-matematis yang menonjol namun jenis-jenis kecerdasan yang lainnya juga perlu diasah agar anak dapat berkembang dengan optimal. Ketika anak berusia sekitar 8-9 tahun, barulah jenis kecerdasan yang menonjol dapat diasah lebih lanjut.

Cara Mendidik Anak Cerdas Bahasa

Anak yang memiliki kecerdasan bahasa dapat diidentifikasi sejak awal, contohnya mampu berbicara lebih awal dan lebih banyak menguasai kosakata dibanding dengan anak-ana lain seusianya.

Anak-anak diusia awal sekolah dasar yang memiliki kecerdasan bahasa ini menunjukkan kesenangan akan segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan bahasa, contohnya, membaca, menulis puisi, menulis cerita,  dan lain sebagainya.

Untuk mengembangkan potensi anak cerdas linguistik/bahasa ini:

  • Berikan anak buku harian yang menarik untuk menulis kejadian dan kegiatan sehari-hari.
  • Mintalah anak membuat cerita tentang kejadian atau kegiatan yang ia sukai.
  • Belikan buku-buku cerita atau majalah untuk merangsang kemampuan berfikir anak.
  • Ajakah anak anda berdiskusi tentang berbagai hal. Dengan diskusi ini akan menjadikan anak berfikir secara logis dan melatih anak mengemukakan pendapat.

Cara Mendidik Anak Naturalis

Kecerdasan Naturalis ialah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan mengenali, mengingat, mengkategorikan, menganalisis, dan menguasai pengetahuan tentang alam lingkungan. Anak-anak dengan kecerdasan ini umumnya akan senang mengamati dan mengeksplorasi lingkungannya.

Untuk mengembangkan kecerdasan ini:

  • Beli buku tentang petualangan di alam bebas.
  • Ajak anak berdiskusi mengenai berbagai peristiwa alam.
  • Ajak anak berlibur ke pegunungan, pantai, kebun binatang, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan alam.
  • Ajak anak merawat tanaman atau binatang peliharaan di rumah.
  • Ajak anak memperhatikan perkembangan tumbuhan dan juga tingkah laku binatang peliharaannya dan binatang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: